– SEGERA: MONOLOG KUCING BUTET KARTAREDJASA

Saat ini Butet Kartaredjasa tengah menyiapkan lakon monolog berjudul Kucing. Monolog ini rencananya akan dipentaskan pertama kali pada tanggal 30-31 Oktober 2010 ini, di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, mulai pukul 20.00 WIB. Kemudian monolog ini akan dipentaskan di Yogyakarta pada tanggal 3-4 November 2010 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, dengan jam yang sama.

Monolog Kucing diangkat dari cerpen karya Putu Wijaya. “Untuk monolog ini, saya meminta Agus Noor untuk mengembangkan karya Putu Wijaya itu ke dalam adegan-adegan pemanggungan yang saya bayangkan akan sederhana dan simple. Saya memang ingin, lakon ini bisa di mainkan di tempat-tempat kecil, di panggung-panggung yang fleksibel,” ujar Butet di sela-sela latihan. “Saya juga meminta Whani Darmawan untuk menyutradarai. Peran sutradara ini saya buka, karena saya juga menginginkan sesuatu yang lain dari monolog saya, setidaknya dengan adanya peran sutradara itu saya memperoleh persfektif lain dalam menafsirkan lakon ini ke dalam permainan di atas panggung.”

Untuk penata musik, Butet masih mempercayakan kepada Djaduk Ferianto. Konsep musiknya juga simple dan sederhana. Musik sebagai ilustrasi permainan dan mendukung suasana adegan. “Saya memang menginginkan semuanya serba ringkas, yang simple, agar mudah dibawa keliling.”  Melalui monolog Kucing ini Butet memang berencana keliling ke kota-kota kecil, mungkin kota-kota tingkat kabupaten atau bahkan kecamatan.

“Selama ini pentas-pentas saya memang cenderung besar, dengan banyak aspek artistik yang pada tingkat tertentu memang hanya dimungkinkan dilaksanakan di kota-kota besar semacam Jakarta, Yogyakarta, Surabaya yang memang memiliki gedung kesenian yang memadai secara tekhnis. Misal ketersediaan lampu dan sebagainya. Nah, monolog Kucing ini saya bayangkan bisa dimainkan di gedung kecil. Bahkan saya berencana pentas keliling ke kota-kota di luar Jawa.”

Butet kemudian mengisahkan, betapa ia kerap mendapat email atau SMS, yang menanyakan kenapa ia tak pentas di luar Jawa, juga kota-kota seperti tegal, pekalongan, Kudus atau Mojokerto, Madiun, Siduarjo atau juga mungkin di Banten atau Lampung. Padahal di kota-kota itu, denyut kegiatan teater cukup menggairahkan. “pernah, ada penonton dari bayuwangi yang harus datang ke Surabaya, untuk menonton pementasan saya, saat saya memainkan lakon Sarimin. Itu kan heroik sekali. Maka saya kepikiran, kenapa bukan saya yang mendatangi kota seperti Bayuwangi itu? Pasti akan lebih banyak di tonton publik atau masyarakat  di sana yang pingin nonoton.”

Begitu juga harapan publik teater di luar Jawa, yang ingin menonton monolog Butet secara langsung. Karena itu dianggap akan memberikan tontonan yang apresiatif bagi publik teater di kota-kota itu. Karena selama ini, publik teater di luar Jawa cenderung hanya “bisa mendengar soal monolog Butet” hanya dari berita-berita di media.  Bila ini terlaksana, maka para penonton di kota-kota kecil dan luar Jawa itu isa menyaksikanpermaian Butet di atas panggung secara langsung.

Rencana, monolog Kucing itu akan dikelilingkan mulai bulan januari tahun 2011. “Saya sedang mencoba membangun jaringan ke teman-teman di banyak kota, kira-kira mau tidak menfasilitasi pementasan monolog Kucing ini di kota mereka,” ujar Butet.

Apakah Anda ingin monolog Kucing main di kota Anda? Mau bekerjasama sebagai penyelenggaranya?

11 Responses to “– SEGERA: MONOLOG KUCING BUTET KARTAREDJASA”


  1. 1 tejo Oktober 12, 2010 pukul 4:14 am

    oke.. kwn di aceh akan siap memfasilitasi monolog “kucing” butet….. tinggal konfirmasi lanjutan.

  2. 2 tejo Oktober 12, 2010 pukul 4:29 am

    knm sy dpat berkomunikasi lagsung dngn tim Butet untuk agenda ini? ato hubungi saya sebagi penyelenggara di ACEH ke No. 085260139600. email: tejo_rongsokan@yahoo.co.id

  3. 3 Agus Noor Oktober 12, 2010 pukul 8:55 am

    Tejo; baik, saya akan segera menyampaikan ini pada Butet dan tim produksinya. Saya akan segera kirim email ke Anda. terimakasih.

  4. 4 aziz Oktober 28, 2010 pukul 9:25 am

    ada info untuk pembelian tiket pementasan tanggal 30 oktober 2010 di TIM g..? kebetulan saya di Medan dan sangat kepingin menonton. tapi klo beli pas hari H nya takut kehabisan dan takut ntar lewat calo… mohon informasinya. CP saya. 08121620653

  5. 5 Okta November 26, 2010 pukul 10:32 am

    tgal 3 desember katanya mau pentas di unair ya?
    harga tiketnya berapa utk mahasiswa?
    kok kata dosenku gratis ya??

  6. 6 Agus Noor November 27, 2010 pukul 6:54 am

    Sepertinya begitu, dan gratis untuk semua civitas akademika Unari…

  7. 7 putri Desember 9, 2010 pukul 12:44 pm

    iya gratis,, acara di unaiir sukses sekali ^^
    keren banget deh pak Butet beserta tim..

  8. 8 tejo April 15, 2011 pukul 4:11 am

    ke aceh ya mas!!!!!
    kapan ya?

  9. 9 HENDRA A Mei 3, 2011 pukul 3:27 am

    salam budaya? kang kalo bisa jangan dikota kota saja, msuk desa dan rkyat kecil jga ingin menyaksikan biar senang?bls.

  10. 10 dwi ambnag riyadi Mei 9, 2011 pukul 3:51 am

    monolog “kucing” malam ini akan di nikmati masyarakat kota pekalongan……. di kampus UNIKAL …. semoga sukses selalu,

    KorPSENIPekalongaN


  1. 1 – WAWANCARA KUCING « Agus Noor_files Lacak balik pada Oktober 5, 2010 pukul 3:12 pm

Tinggalkan Balasan

Point your camera phone at the QR code below : qrcode enter this URL on your mobile : http://buzzcity.mobi/agusnoorfiles
Oktober 2010
S S R K J S M
« Agu   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives Files

Photo Files

COVER BUKU PUISI CIUMAN

Kumpulan cerpen Agus Noor

Buku Pena Kencana 2009

PRESIDEN GUYONAN

Lebih Banyak Foto

Catagories of Files


