– MET TAON BARU 2009

agus-noor

Ngucapin Met Tahun Baru 2009, semoga makin sukses dan makin kreatif. Mari kita saling mendoakan untuk keselamatan semua. Untukku, tahun 2008 ditutup dengan cukup manis: naskah lakon Presiden Kita Tercinta, yang kutulis, kepilih sebagai 5 naskah terbaik lomba penulisan naskah drama Federasi Teater Indonesia, yang diacarakan 27 Desember 2008 di Taman Ismail Marzuki. Sayang sekali, aku nggak bisa dateng ke acara itu, karena lagi di Balikpapan. Ah, 2009. Ada banyak yang kuinginkan.

Saat detik-detik terakhir seperti mau merapuh dan mengabu, seseorang yang mengaku bernama Agus Noor, dan memang begitu mirip denganku, mengajak berbincang. Aku tak terlalu kaget. Kupastikan: ini pasti Agus Noor yang lain, yang selama ini diam-diam berkeliaran di dunia ini. “Boleh ngobrol?” nadanya bukan minta waktu, tapi membuatku mesti mengiyakan. Baiklah, untuk kepintingan tulisan ini, ia kusebut saja dengan Agus Noor 1. Dan aku, yang mengelola blog ini, Agus Noor 2, sebagaimana alamat emailku. Agus Noor 2 memang Agus Noor yang hidup di dunia maya. Dan yang berkeliaran di dunia nyata, sudah tentu Agus Noor pertama.

Agus Noor 1: Met taun baru…

Agus Noor 2: Sama-sama…

Agus Noor 1: Apa yang akan kamu lakukan di tahun yang menjelang?

Agus Noor 2: Sudah tentu, mengelola blog ini… Dan aku mulai maen fesbukan. Kamu sendiri ngapain?

Agus Noor 1: Pingin menyelesaikan proyek novelku yang sudah ketunda hampir lima tahun.

Agus Noor 2: Yakin bisa kelar tahun 2009 ini?

Agus Noor 1: Ga juga… Solanya aku juga sudah mengagendakan untuk menyelesaikan beberapa lakon. Pertama, monolog untuk Butet Kartaredjasa. Judulnya “Musuh No. 1”. Ini sudah aku tulis sejak September 2008 lalu. Masih 25 persen. Kedua, pingin menulis lakon buat Teater Koma. Untuk ini aku baru punya gagasan cerita dan judul sementara “Artefak”.  Nggak tahu, apakah nanti Teater Koma berminat mementaskannya atau tidak. Lalu buku komik-drama “Presiden Kita Tercinta”, yang mulai jalan.

Agus Noor 2: Soal novel itu…boleh tahu judulnya?

Agus Noor 1: Yang satu judulnya “Kepompong Sunyi.” Lalu satu lagi “Kitab Kebohongan”… Entah kenapa, aku belum puas juga dengan draffnya.

Agus Noor 2: Boleh tahu soal dua novel itu? Mungkin bisa cerita sedikit?

Agus Noor 1: Nanti ajahlah… Hmm. Tapi “Kepompong Sunyi” itu novel psikologis, berseting metropolitan. Yang kedua, “Kitab Kebohongan”  boleh dibilang novel sejarah. Risetnya yang butuh energi extra dan biaya extra.

Agus Noor 2: Ada buku lain yang disiapkan?

Agus Noor 1: Dua kumpulan cerpen. Satu, “15 Cerita dari Tuhan”, udah rampung, tinggal nunggu kabar dari penerbit. Kedua, “Sepasang Mata Penari Telanjang”, beberapa cerpennya masih jalan dalam proses penulisan. Tapi pinginnya kelar pertengahan 2009 ini.

Teriakan terompet membuat kami terusik. Ia seperti ingin segera menghambur ke keramaian.

Agus Noor 1: Terimakasih… Aku pergi dulu..

Dan dengan cepat dia menghilang kembali ke dunia nyata. Dan aku berusha makin nyaman di dunia maya.

3 Responses to “– MET TAON BARU 2009”


  1. 1 mayssari Januari 5, 2009 pukul 6:37 am

    Selamat tahun baru juga….
    semoga tahun ini semakin banyak karya yang bisa dieksplorasi.
    Mas, saya tengah menulis buku tentang Teater, dan kesulitan mencari contoh naskah teater tradisional, saya cari2 ke teman-teman pegiat teater di solo yang saya kenal, kebanyakan mereka punyanya naskah teater modern. Maaf sekali sebelumnya, tapi bila mas Agus berkenan membantu, saya akan sangat berterima kasih sekali. Jika Mas Agus memilikinya, saya tunggu kontaknya.

    salam kenal, mayssari

  2. 2 agusnoorfiles Januari 5, 2009 pukul 11:29 am

    Kalo yg kamu maksud naskah teater tradisional adalah lakon ketroprak, randai atau ludruk dan sejenisnya, memang jarang ada. karena bukankah pentas-pentas tradisional itu kebanyakan improvisasi? Ada memang beberapa lakon ketoprak yang ditulis (seperti dilakukan Bondan Nusantara atau Nano Asmorondono). Kamu tinggal dimana? klo di Jogja, bisa hubungi 2 orang itu. Ato datang ke Taman Budaya, biasanya nyimpen naskah itu. Atau ke TVRI (setempat), biasanya ada arsip naskah tradisional. Kan TVRI sering ada program pentas seni tradisi…

  3. 3 ratno Januari 21, 2009 pukul 1:29 am

    Assalamu’alaiku Warohmatullahi Wabarokatuhu,

    Mohon ma’af kalau saya tidak mengucapkan “selamat tahun baru 2009”.
    Hanya ada satu tahun baru yang saya yakini> yaitu 1 Muharram. [trus nggak usah dibahas lagi].
    Saya pengin sekali ada produser, yang bikin [sinetron, film]yang artis pemerannya adalah orang orang teater semua [mimpi kali yeee].
    naskah teater tradisional ???? woww luar biasa, suatu idialis yang patut diacungkan jempol.
    Coba sharing sama orang orang tua dipedesaan, biasanya banyak cerita cerita tradisional. trus dibuat naskahnya, saran saya pakemnya sesuai yang asli[jangan dibelokkan]
    bravo taeter.

    Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Point your camera phone at the QR code below : qrcode enter this URL on your mobile : http://buzzcity.mobi/agusnoorfiles
Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Archives Files

Photo Files

COVER BUKU PUISI CIUMAN

Kumpulan cerpen Agus Noor

Buku Pena Kencana 2009

PRESIDEN GUYONAN

Lebih Banyak Foto

Catagories of Files


%d blogger menyukai ini: