– KOMIK DRAMA

komik

Saya pingin bikin buku “komik drama”, dan saya pingin ada komikus yang mau terlibat dalam proses ini. Begini. Naskah drama saya, “Presiden Kita Tercinta”, rencananya akan dipentaskan oleh Teater Gandrik pada bulan Juni 2009, nanti. Bersamaan dengan pementasan itulah, naskah itu ingin diterbitkan sebagai buku. Tapi saya membayangkan: itu bukan sekedar buku naskah drama. Tapi di dalamnya ada gambar-gambar adegan, menyerupai grafis komik. Nah, saya bayangkan saja, itu semacam buku “komik drama”, yakni komik yang menghadirkan adegan-adegan dalam naskah drama itu. Bagaimana bentuknya? Apa seperti komik biasa? Atau semacam novel grafis itu, dan nanti bisa disebut “drama grafis”? menurut saya, inilah proses yang menarik. Eksperimen kecil yang menarik untuk dicoba. Dialog-dialog dalam naskah drama, saya kira bisa menjadi bahan bagi “balon percakapan” tokoh sebagaimana dalam komik. Bagaimana adegan itu bisa dihadirkan secara visual, hingga ketika membaca naskah itu, pembaca pun seperti menyaksikan gerak pertunjukan di buku “komik drama” itu. Begitulah gagasan awalnya.

Nah, mungkinkah, ada temen komikus yang mau terlibat? Atau mungkin Anda punya temen komikus, bisalah diinformasikan gagasan ini. Saya seneng sekali bila gayung ide ini bersambut.

5 Responses to “– KOMIK DRAMA”


  1. 1 kuss November 13, 2008 pukul 5:56 pm

    wuih, aku pengen bgt. Tp dah lama gak nggambar je, pasti goresan udah wagu abis. Coba di-share dgn tmn2 sni rupa. Woro2 dikit ke http://www.milisi.org, misalnya. Itu anak2 ISI Yogya isinya. Txs

  2. 2 agusnoorfiles November 14, 2008 pukul 2:39 pm

    Sibuk ngejob jadi kurator, sih. Yo, wis, kamu bantuin informasikan ke temen-temen yg demen bikin komik, ya. Aku bayangin, mulai desember ini udah bisa mulai proses. Biar bisa terbit bulan Juni 2009, pas pementasan.

  3. 3 sarahtidaksendiri November 18, 2008 pukul 3:44 pm

    dugh….jd ingat komik yg pernah Qbuat wwaktu SD, hehe..klo skrg kira2 masih bisa g y menggambar??? Mmm…

  4. 4 agusnoorfiles November 19, 2008 pukul 2:49 pm

    Kenapa tidak dicoba?

  5. 5 agusnoorfiles Desember 7, 2008 pukul 3:34 am

    Terimakasih, kepada semua komikus yang telah merespon gagasan ini. Banyak yang langsung menghubungi secara pribadi ke email saya. Akhirnya, seorang komikus, Blankon, secara serius mau terlibat dalam proses “komik drama” ini. Sekali lagi, terimkasih untuk semua. Mohon doa restunya, agar “komik drama” ini bisa lancar. Saat ini, proses pembuatan “komik drama” itu sudah mulai menggelinding…


Tinggalkan Balasan

Point your camera phone at the QR code below : qrcode enter this URL on your mobile : http://buzzcity.mobi/agusnoorfiles
November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives Files

Photo Files

COVER BUKU PUISI CIUMAN

Kumpulan cerpen Agus Noor

Buku Pena Kencana 2009

PRESIDEN GUYONAN

Lebih Banyak Foto

Catagories of Files


